Wisata Kuliner Mangut Lele Mbah Marto

Wisata Kuliner Mangut Lele Mbah Marto

 

Wisata Kuliner Mangut Lele Mbah Marto berlokasi di nggeneng di daerah Sewon, Bantul, Yogyakarta. Tepatnya di belakang kampus ISI (Institut Seni Indonesia). Warung ini lebih terkenal dengan sajian mangut lele dan gudegnya. Bagi yang baru pertama datang gampang kesasar karena tempatnya masuk di desa alias mblusuk

Wisata Kuliner Mangut Lele Mbah Marto

Rute menuju mangut lele Mbah Marto

Dari arah kota Jogja kita langsung ambil jalan menuju ke selatan arah jalan Parangtritis. Setelah menemui kampus ISI barat jalan (kanan jalan). Masih lurus saja ke selatan sampai menemukan Kantor Pos cabang Sewon di kiri jalan. Nah di seberang jalan Kantor Pos tersebut (di sebelah kanan) ada gang aspalan tidak terlalu besar, masuk saja ke barat  lalu terus saja ketemu tikungan belok saja ke kiri sampai pertigaan yang dekat masjid.

Dari pertigaan tersebut belok saja ke kiri ikuti jalan sampai menemukan gang pertama di kanan jalan setelah jembatan kecil. Lalu masuk saja gang di sebelah kanan tersebut sampai menemukan sebuah bangunan warung kecil di kanan jalan. Di depan warung tersebut ada gang kecil, masuk saja sampai menemukan sebuah rumah kecil di kanan jalan yang terdapat sumur di depannya. Nah itulah warungnya Mbah Marto.

 Karena memang lokasinya yang mblusuk dan jalannya yang cukup kecil, jadi pintar-pintarlah untuk memilih waktu kedatangan, kalau Anda tidak ingin ribet untuk mencari tempat parkir kendaraan dikarenakan lokasinya yang kecil.

Kalau masih bingung dengan lokasinya yang agak semrawut+ njlimet hehehe, silahkan menggunakan GPS manual alias bertanya kepada penduduk sekitar, pasti mereka akan menjelaskan lokasinya karena warung ini memang cukup terkenal.

Selain mangut lele. Terdapat beberapa hidangan yang disajikan yaitu gudeg, sambel krecek, garang asem, oseng oseng daun papaya, dan opor ayam.

 

Yang unik dari warung ini dan menjadikannya ciri khas yaitu para kuliner dapat menikmati sajiannya langsung dari pawon atau dapur. Karena penyajiannya langsung didapur dengan deretan tungku kayu bakar.

Warung ini buka setiap hari mulai pukul 11.00-16.30 WIB. Untuk harga seporsi nasi lele asap, sambel goreng krecek, oseng daun papaya dan es the manis dihargai kurang lebih sekitar Rp. 20.000. Cukup terjangkau kan?, Sebanding dengan rasa dan suasana warung yang tradisional khas pawon ndeso dan juga keramahan dari Mbah Marto yang selalu setia melayani pelanggannya dengan senyuman.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *