Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dicoba

 

Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dicoba saat berwisata ke jogja banyak banget. Beberapa ini kami ingin memeberikan refrensi kepada kalian agar bisa mendaptkan pengalaman baru kuliner jogja. Tidak hanya gudeg dan bakpia aja lho kuliner di jogja, masih banyak lagi jenis kuliner yang lain diantaranya adalah :

  1. Bakmi Jawa

Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dicoba

Bakmi jawa atau mie jawa adalah bakmi rebus atau goreng yang dimasak dengan bumbu khas. Bakmi jawa dimasak dengan telur bebek  diatas bara arang. Sehingga menciptakan citarasa, aroma, dan tekstur yang khas. Penjual bakmi jawa biasanya berdagang mulai senja malam.

 

  1. Kipo

Selanjutnya Wisata kuliner Jogja yang wajib dicoba lagi yaitu Makanan khas kota gede ini yang berasal dari tepung beras, kelapa, dan gula merah ini memang sangat lezat. Beras ketan yang dibentuk lonjong kecil, kemudian diisi dengan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan gula merah. Setlah dikuku, kipo lalu dibakar.

 

  1. Yangko

 

Terbuat dari tepung ketan. Berbentuk  kotak dengan baluran trigu, kenyal dan manis. Pada rasa aslinya yangko berisi campuran cincangan kacang dan gula jawa. Selain itu yangko juga memilik rasa buah-buahan seperti durian, strawberry dan melon.

 

  1. Legomoro

Pernah dengar nama makanan ini?, kalau belum kamu kudu masukin ke list  Wisata kuliner Jogja yang wajib dicoba. Makana yang terbuat dari ketan dan diisi dengan daging atau ayam yang diberi bumbu kemudian dibungkus dengan daun pisang. Bisa dikatakan sebagai lemper dengan dan cara kemasan yang berbeda.

 

  1. Bakpia Pathuk

Bakpia Pathuk makan yang sangat terkenal dijogja dan hampir semua orang mengenalnya.  Makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula  yang dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung kemudian dipanggang. Isi bakpia sekrang sangat bervariasi seperti kacang hijau, keju, coklat, dan lain-lain.

 

  1. Oseng-oseng Mercon

Oseng-oseng mercon tidak berbeda dengan oseng-oseng yang lain, hanya bahan yang berbeda. Oseng-oseng mercon menggunakan daging sapi dengan takaran cabai yang banyak jumlahnya. Kuliner Yogyakarta ini tidak boleh dilewatkan apalagi bagi pecinta kuliner pedas. Oseng-oseng ini dijual di sekitar Jl. KH A dahlan Yogyakarta.

 

  1. Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman jawa yang mengandung bola dari tepung yang dimasukan kedalam air jahe panas. Wedang Ronde terdiri dari kolang-kaling, roti, dan kacang. Penjual wedang ronde biasanya buka di malam hari.

 

  1. Kopi Jos

Kopi Jos adalah kopi tubruk panas diberi arang membara. Begitu arang dimasukkan de dalam cangkir, maka kopi akan mengeluarkan suara joss yang kencang sehinga terciptalah nama kopi tersebut. Minuman ini dapat ditemukan di angkirngan atau di sekitar stasiun Tugu Jogja.

 

  1. Empal

Empal adalah makan dari daging dengan bumbu rempah dan direbus selama berjam-jam. Empal dapat disajikan dengan nasi atau juga lontong. Makana ini mempunyai rasa enak dan berbumbu seperti rendang. Empal dijual dipasar Bringharjo setiap hari dan dibanyak rumah makan.

 

  1. Angkringan

Angkringan berasal dari bahasa jawa “Angkring” yang berarti duduk santai. Makana yang dijual meliputi nasi kucing, gorengan, sate usu ayam, sate telor puyuh, kripik, dan lain-lain. Minuman yang dijualpun berbagai macam seprti teh, jeruk, kopi, tape dan wedang jahe.

 

  1. Gudeg

Gudeg, makam khas Yogyakarta yang sangat lezat ini banyak ditemui di sepanjang jalan Wijilan yang berada disebelah timur kraton Yogyakarta. Namun gudeg jug dapat didapatkan berbagai sudut di kota Yogyakarta di pagi

 

  1. Ayam Goreng Kremes

Ayam goreng kremes merupakan salah satu dari ayam goreng terkenal di Yogyakarta. Rasanya manis dan enak. Ayam goreng lebih lengkap apabila disantap dengan sambal lalapan.

 

  1. Soto

 

Soto adalah sejenis sup tradisional yang terdiri dari daging yang biasanya berupa daging ayam dan sapi. Bumbu soto pada umumnya berupa bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, ketumbar, garam, kemiri dan merica. Makanan ini dapat ditemukan di pasar Beringharjo dan dibeberapa wraung soto di Yogyakarta.

 

  1. Brongkos

Brongkos adalah makanan tradisional khas warisan leluhur masyarakat Yogyakarta. Makan yang berwarna coklat kehitaman ini, terdiri dari kacang, tahu, telur atau daging sapi yang sangat kaya citarasa rempah-rempah sehingga menarik minat para pemburu kuliner.

 

  1. Sate Klathak

 

Sate klathak sendiri adalah sate kambing yang ditusuk menggunakan jeruji sepeda. Alasan sate klathak menggunakan jeruji sepeda dikarenakan lebih dapat membuat satenya matang merata. Kuliner sate klathak sendiri  dapat ditemukan didaerah bantul di Jl imogiri timur atau di pasar Wonokromo,Bantul.

 

  1. Jadah Tempe

Jadah tempe adalah salah satu makanan tradisional khas yang berasal dari Sleman, Yogyakarta. Makanan ini tidak akan anda temui di sembarang tempat di kota Yogyakarta karena makanan ini khas Kaliurang dan sangat terkenal hanya ada di sekitar tempat wisata yang berada di lereng Gunung Merapi ini. Jadah Tempe sesungguhnya merupakan gabungan dari dua jenis makanan yaitu jadah yang merupakan olahan dari ketan dan tempe ataupun tahu yang dibacem dan Jadah (uli) atau orang jawa bilang gemblong.

 

  1. Thiwul

Tiwul, atau thiwul adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang dibuat dari ketela pohon atau singkong. Tiwul dibuat dari gaplek. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang dan sekarang tiwul dibuat jadi tiwul instan

 

  1. Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang uwuh ini adalah minuman khas dari Yogyakarta tepatnya di desa Imogiri dekat dengan wisata makam Raja-raja Mataram Yogyakarta.

Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dicoba

2 gagasan untuk “Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dicoba

  • I simply couldn’t depart your web site prior to suggesting that I actually loved the usual info a person supply for your guests? Is gonna be again continuously in order to check up on new posts. cddeegekkcge

  • I was just seeking this info for some time. After six hours of continuous Googleing, at last I got it in your web site. I wonder what is the lack of Google strategy that don’t rank this kind of informative websites in top of the list. Generally the top sites are full of garbage. edfkbgakdeeg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *