Wisata Alam Kalibiru, Pesona Eksotis Bukit Menoreh

Wisata Alam Kalibiru, Pesona Eksotis Bukit Menoreh

 

Kalibiru merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kulonprogo, Yogyakarta yang dapat menjadi alternatif liburan sambil menikmati keindahan alam. Desa wisata ini berlokasi di Desa Hagrowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta berjarak sekitar 40 km.

Fasilitas yang disediakan di desa wisata alam Kalibiru ini diantaranya yaitu fasilitas outbond, camping ground, jalur trekking, gardu pandang, pendopo, toilet, kios makanan dan homestay. Arena permainan flying fox juga disediakan di tempat wisata ini. Bagi pengunjung yang suka dengan petualangan pasti tidak akan melewatkan untuk berkunjung di desa wisata Bukit Menoreh ini.

Fasilitas homestay atau pendopo dapat disewa untuk arena berkumpul seperti pertemuan atau gathering. Homestay dapat menampung hingga 100 orang dan dapat disewa sebesar Rp. 120.000,- hingga Rp. 150.000,- per malam. Desa wisata ini menyediakan homestay sebanyak 6 buah. Acara kumpul-kumpul menjadi lebih mengasyikkan di tengah alam.

Menara pandang yang tersedia di wisata alam Kalibiru menjadi tujuan utama terutama bagi penyuka foto dan kaum muda-mudi. Menara pandang ini semakin poluler setelah banyak orang berfoto di atas menara dan berlatar belakang perbukitan Menoreh serta Waduk Sermo. Letak menara pandang ini berada di atas pohon pinus di pinggir jurang dan pengunjung harus menaiki tangga terlebih dahulu agar dapat mencapai bagian atas.

Untuk menaiki menara pandang harus berhati-hati dan untuk alasan keamanan serta kenyamanan sebaiknya didampingi oleh penjaga. Namun pengunjung juga ditarik dana sekitar Rp. 10.000,- jika ingin naik ke menara pandang di atas pohon dan berfoto untuk membayar penjaga. Pemandangan dari atas menara akan semakin menakjubkan saat menjelang senja ketika matahari terbenam. Bahkan keindahan pemandangan dari menara pandang ini memberi inspirasi untuk foto prewedding.

Selain menara pandang di atas pohon yang sering menjadi tujuan wisatawan, di desa wisata ini juga terdapat beberapa menara pandang yang tersebar dengan pemandangan ke Waduk Sermo serta dapat juga melihat pemandangan bukit menoreh. Untuk mencapai menara pandang tersebut pengunjung harus menyusuri jalur trekking setapak yang telah dicor.

Rute Menuju ke Desa Wisata Kalibiru Kulon Progo

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Desa Wisata Kalibiru rutenya sangat mudah. Dari Jogja menuju ke arah Wates atau Sentolo dan menuju ke arah Waduk Sermo. Dari tempat ini ada papan petunjuk ke Desa Kalibiru. Ada juga rute alternatif untuk menuju ke Kalibiru. Jika tidak melewati Waduk Sermo dapat lewat ke arah Clereng dan naik ke Kalibiru. Namun jalan alternatif ini naik turun, lebih jauh dan relatif masih sepi. Jalanan menuju ke arah Kalibiru cukup menanjak dan disarankan sebaiknya menggunakan kendaraan yang benar-benar fit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *