Sate Klatak Jogja, Sate Dari Jeruji Besi

Sate Klatak Jogja Sate Dari Jeruji Besi

Sate Klatak Jogja Sate Dari Jeruji Besi Wisata Kuliner dijogja yang tidak boleh  anda lewatkan jika berkunjung ke Jogja. Selain Gudeg masih ada lagi kuliner nikmat yang cita rasa khasnya hanya dimiliki Jogja. Pernah mendengar  Sate Klatak?. Sate lebih populer dengan sate ayam, sate kambing, sate padang dan lainnya. Ini sate Klatak, Apakah ada nama hewan namanya Klatak?.

Sate Klatak Jogja Sate Dari Jeruji Besi

Ternyata Sate klatak merupakan jenis sate kambing yang dibakar dengan media jeruji besi. Uniknya, sate ini hanya dibumbui dengan taburan garam aja, sangat sederhana bukan? Namun soal rasa, tak usah ditanya. Sudah banyak yang merasa ketagihan dengan jenis sate yang satu ini. Selain rasanya yang lezat, sate klatak juga tidak meninggalkan bau khas daging kambing. Sate jenis ini juga tidak memiliki lemak sama sekali. Daging sate klatak juga dikenal empuk dan tidak alot. Bisa jadi penggunaan media jeruji besi ini membuat aliran panas saat pembakaran daging tersalurkan secara merata, sehingga membuat struktur daging kambing menjadi sangat lezat.

Nama Klathak Diambil Dari Suara “Klatak-Klatak” Dari Daging Yang Terbakar. Sate ini dapat dijumpai di banyak warung di sekitar kawasan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Salah satu kedai sate yang terkenal di Imogiri adalah Sate klatak Pak Pong, atau Pak Bary yang warungnya buat tempat shooting film A2DC. Kedai sate yang satu ini berada di jalan Imogiri Timur km 10 atau di pasar Wonokromo. Satu porsi sate klatak di sini hanya berisi dua tusuk saja, namun potongan daging kambingnya cukup besar dan banyak. Sate klatak ini sangat nikmat disantap dengan sepiring nasi panas lengkap dengan tambahan berupa kuah gulai. Namun jika Anda menyukai bumbu kecap dengan irisan cabe rawit sebagai pelengkapnya, Anda cukup minta pada karyawan kedai saja. Tak harus mengeluarkan kocek mahal cukup Rp.25.000 untuk menikmati seporsi sate klatak, kicik atau olahan lainnya.

Tips sebelum daging kambing di olah:

  • Jangan mencuci daging kambing, karena pencucian bisa membuat aroma prengus muncul.

  • Kalau ternyata daging kambing yang akan diolah sudah terlanjur dicuci, maka cara mengolah daging kambing supaya tidak bau adalah dengan merebusnya dengan rempah-rempah alami.

  • Cara mengolah daging kambing supaya tidak prengus selanjutnya adalah dengan menggunakan buah nanas.

  • Bungkus daging dengan daun pepaya selama 1 jam atau lumuri dengan nanas parut dan diamkan sekitar 10 menit sebelum diolah. Hal ini berfungsi untuk mengempukkan daging tapi tidak mempengaruhi rasanya.

  • Karena tekstur dagingnya yang liat, daging kambing akan membutuhkan waktu lama untuk dimasak. Gunakan api kecil agar daging tetap juicy dan bumbu dapat meresap semurna

Sate Klatak Jogja Sate Dari Jeruji Besi

Sate Klatak Jogja Sate Dari Jeruji Besi

Sate Klatak Jogja Sate Dari Jeruji Besi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *