Mie Lethek Yang Mendunia

Mie Lethek Yang Mendunia

 

Mie lethek yang mendunia ini merupakan mie produksi  masyarakat Srandakan, Bantul, yogyakarta yang berbahan dasar tepung tapioka dan gaplek. Mie lethek diolah secara tradisional tanpa menggunakan pewarna makanan dan bahan kimia lainnya,tetapi memiliki rasa yang mendunia. Kedua bahan itu diaduk dengan menggunakan alat penggiling tradisional berbentuk silinder besar yang ditarik oleh sapi. Tekstur  Mie Lethek menyerupai bihun, namun warnanya lebih keruh dan ukurannya sedikit lebih tebal.

mie lethek

Kenapa dinamakan mie lethek? Lethek diambil dari bahasa jawa yang artinya tidak bersih atau dekil. Eits jangan salah, “Don’t judge a book by cover “walaupun kusam mie lethek ini banyak sekali peminatnya dari masyarakat umum sampai Presiden Barack Obama loh. Jadi so pasti mie lethek ini recommended banget untuk dicoba .

Jika ingin mengunjungi pabrik sentra pembuatan mie lethek bisa datang ke Dusun Bendo, Desa Trimuri, Kecamatan Srandakan, Bantul. Pabrik yang sudah berdiri lebih dari setengah abad ini masih menggunakan peralatan tradisional dan unik dalam proses pembuatan mie letheknya.

Mie lethek

Di daerah Srandakan kita bisa menjumpai beberapa warung yang menyajikan mie lethek setiap malam harinya. Untuk soal harga tidak terlalu mahal, kisaran 12.000-15.000 per porsinya. Murah bukan? Untuk variannya kita bisa memesan mie lethek goreng ataupun mie lethek godhog.  Mie lethek ini udah murah, sehat, dan laziz banget. Jadi jangan sampai gag nyoba kalau berkun jung ke Bantul Yogyakarta.

mie lethek

 

1 thought on “Mie Lethek Yang Mendunia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *