Gembira Loka Zoo Jogja

Gembira Loka Zoo Jogja

Indonesia memang terkenal memiliki begitu banyak objek wisata yang menarik. Salah satunya di kota Yogyakarta. Tempat wisata yang patut di perhitungkan jika anda berkunjung ke Yogyakarta adalah Kebun Binatang atau biasa dikenal dengan Taman Wisata Gembira Loka Zoo Jogja. Ia sendiri berada di alamat Jln. Kebun Raya No. 2, Yogyakarta. Gembira Loka Zoo Jogja merupakan Objek wisata yang banyak menjadi tujuan favorit bagi wisatawan baik dari jogja ataupun dari luar kota.

Ide awal pembangunan Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka berasal dari keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933 akan sebuah tempat hiburan, yang di kemudian hari dinamakan Kebun Rojo. Ide tersebut direalisasikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan bantuan Ir. Karsten, seorang arsitekberkebangsaan Belanda. Ir. Karsten kemudian memilih lokasi disebelah barat sungai Winongo, karena dianggap sebagai tempat paling ideal untuk pembangunan Kebun Rojo tersebut. Namun akibat dampak Perang Dunia II dan juga pendudukan oleh Jepang, pembangunan Kebun Rojo terhenti.

Pada saat proses pemindahan ibukota negara dari Yogyakarta kembali ke Jakarta di tahun 1949 setelah selesainya Perang Dunia II, tercetus lagi sebuah ide untuk memberikan kenang-kenangan kepada masyarakat Yogyakarta berupa sebuah tempat hiburan dari pemerintah pusat yang dipelopori oleh Januismadi dan Hadi, SH. Ide tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat Yogyakarta, akan tetapi realisasinya masih belum dirasakan oleh masyarakat.Hingga di tahun 1953, dengan berdirinya Yayasan Gembira Loka Yogyakarta (sesuai akta notaris RM. Wiranto No. 11 tanggal 10 September 1953)yang diketuai oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII, maka pembangunan Kebun Rojo yang tertunda baru benar-benar dapat direalisasikan.

Selang beberapa tahun kemudian, tepatnya 1959, KGPAA Paku Alam VIII menunjuk Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan Gembira Loka. Dipilihnya Tirtowinoto karena yang bersangkutan dinilai memiliki kecintaan terhadap alam dan minat yang besar terhadap perkembangan Gembira Loka Zoo Jogja. Ternyata sumbangsih Tirtowinoto yang tidak sedikit, baik dalam hal pemikiran maupun material, terbukti mampu membawa kemajuan yang pesat bagi Gembira Loka Zoo Jogja. Puncaknya di tahun 1978, ketika koleksi satwa yang dimiliki semakin lengkap, sehingga pengunjung Gembira Loka Zoo Jogja semakin meningkat.

Fasilitas Gembira Loka Zoo Jogja

Lengkapnya fasilitas ilmu pengetahuan mengenai satwa dan tumbuhan. Ada berbagai spesies satwa seperti gajah, orangutan kalimantan, simpanse, Buaya Muara, Agile Wallaby, Katak Pacman Argentina, Katak Pesek, Katak Badut, Ular Kobra Jawa, Blue Insularis, Ular Raja Kobra, Motley Cornsnake, Ular Sanca Bola, Ular Sanca Jaring, Ular Sanca Jaring, Ular Sanca Hijau, Kadal Pensil, Kura – kura Batok, Kura – kura Aldabra, Soa Layar Ambon, Yellow-Headed Water Monitor, Biawak Tegu, Biawak Spiny-Tailed Monitor, Biawak Komodo, Central Bearded Dragon, Kuda Nil Kerdil. Sedangkan koleksi ikan seperti ikan Red Parrot Arapaima, Aligator Spatula, Tiger Catfish, bawal, Redtail Catfish, Leporinus, Gengis Khan sampai Kapiat Albino. Tentunya semua itu hanya sebagian dari  koleksi satwa Gembira Loka Zoo Jogja.

Gembira Loka Zoo Jogja

 

Tidak mau kalah, fasilitas untuk wisatawan merupakan perhatian utama di kebun binatang di Jogja ini diantaranya Gembira Loka Zoo Jogja juga menyediakan akses internet gratis melalui wifi yang di letakkan pada titik-titik seluruh wilayah Gembira Loka Zoo Jogja. Jadi Anda bisa foto dan upload langsung ke sosmedmu ataupun untuk sekedar share dengan kecepatan internet yang kencang.

Wifi yang disediakan di Gembira Loka Zoo bernama “GLZoo Free”, kode user password bisa Anda dapatkan di Pos Keamanan maupun Loket Wahana dengan cara menukarkan sobekan karcis masuk anda.

Gembira Loka Zoo menyediakan area food court dengan berbagai sajian lezat khas Indonesia sebagai pelepas rasa lapar dan dahaga.

Jadwal buka:
Senin – Jumat: 08.45 – 17.15 WIB
Sabtu – Minggu: 07.45 – 18.15 WIB

Fasilitas yang menambah kenyamanan wisatawan seperti contohnya Kartu Sobat Satwa (KSS). Kartu Sobat Satwa (KSS) merupakan kartu keanggotaan yang diterbitkan oleh Gemmbira Loka Zoo bagi pengunjung dengan fasilitas sebagai berikut:

Gembira Loka Zoo Jogja

  1. Sobat Satwa ” Tarsius ”
    – Gratis masuk Gembira Loka Zoo selama satu tahun.
    – Joging di Gembira Loka Zoo setiap hari Sabtu & Minggu Pukul 05.30 WIB.
  2. Sobat Satwa ” Mambruk”
    – Gratis masuk Gembira Loka Zoo selama 1 tahun.
    – Joging di Gembira Loka Zoo setiap hari Sabtu & Minggu Pukul 05.30 WIB.
    – Diskon belanja di gerai merchandise Gembira Loka Zoo.
    – Gratis Naik Kapal Katamaran dan Kerata Keliling 1 tahun.
    – Zoovenir menarik saat pendaftaraan.

Gembira Loka Zoo Jogja

Fasilitas yang tak kalah sangat penting yaitu Gembira Loka Zoo (GL Zoo) memberikan fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas berupa kursi roda. Layanan kursi roda ini Gratis [Free], untuk mendapatkan fasilitas kursi roda tersebut bisa anda dapatkan di pos keamanan satu yang berada di dekat pintu masuk A dengan meninggalkan kartu identitas anda.

Pihak pengelola Gembira Loka Zoo Jogja juga menyediakan jalan khusus kursi roda dari pintu masuk hingga pintu keluar.

Untuk keamaan para dan putri Gembira Loka Zoo Jogja juga memberikan fasilitas yg disebut gelang anak yaitu Gelang Anak yang diberikan secara gratis untuk pengunjung yang mempunyai anak usia 3-6 tahun. Di gelang anak ini dicantumkan nama anak dan nomor handphone orangtuanya yang bisa dihubungi. Dengan begitu apabila anak terpisah dari orang tuanya, maka petugas dapat segera menghubungi orang tuanya melalui nomor handphone yang tertulis di gelang anak.

Gembira Loka Zoo Jogja

Mushola yang terletak di area kebun raya ini baru diresmikan pada 2012, dengan konsep menyatu dengan alam dan berada di tengah rerimbunan pepohonan. Lokasinya tepat sebelum tangga turun menuju area kebun binatang atau sebelah selatan wahana ATV.

Gembira Loka Zoo Jogja

Masjid juga tersedia di area satwa yang terletak di dekat pintu masuk B atau sebelah selatan kandang Beruang. Seperti masjid pada umumnya, setiap hari jumat masjid Gembira Loka Zoo Jogja melangsungkan salat jumat. Jadi untuk para pengunjung yang beragama muslim tidak perlu bingung apabila berkunjung pada hari jumat.

Daftar Harga Tiket Masuk Gembira Loka Zoo Jogja

Nah, bagi para wisatawan yang ingin masuk ke taman wisata gembira loka maka diharuskan membayar tiket masuk terlebih dahulu, adapun harga tiketnya berbeda yaitu di hari biasa (senin s/d jumat) di bandrol Rp 25.000 per orang dan untuk hari libur (sabtu-minggu, tanggal merah) Rp 30.000 per orangnya. Bagi anak di bawah usia 3 tahun tidak dikenakan tiket lo, namun harga tiket tersebut sewaktu-waktu juga dapat berubah.

Selain itu kebun binatang ini juga menawarkan diskon. Potongan harga bagi pengunjung yang datang dengan rombongan minimal 25 orang (tak berlaku kelipatan) yaitu Panti asuhan atau SLB akan mendapat potongan harga sebesar 50%. Sementara itu untuk KB, Paud, TK, TPA, SM akan memperoleh diskon 25%. Lalu untuk pelajar sekolah seperti SD, SMP, SMA Sederajat 15% dan kalangan umum atau mahasiswa mendapatkan diskon 10%. Adapun syarat untuk memperoleh diskon rombongan ini pun cukup mudah kok. Anda hanya perlu membawa surat pengantar dari instansi terkait ketika berkunjung ke gembira loka.

Jam Operasional

Sementara untuk jam operasional atau jam buka gembira loka  dibuka setiap hari (senin-minggu). Mulai pukul 08.00 s/d 17.30 WIB, karena gembira loka dibuka setiap hari maka pengunjung dapat memilih hari tepat untuk berkunjung. Nah, sangat terjangkau bukan untuk harga tiketnya? bagi kamu yang sedang bingung mencari tempat untuk berekreasi, Taman Wisata Gembira Loka bisa jadi pilihan menarik saat berada dijogja. Selain berwisata disana juga menjadi sarana edukasi bagi para anak-anak sebab mereka menjadi tau jenis-jenis hewan.

Gembira Loka Zoo Jogja

Pic by:

@ghassani.almahyra
@zakinrif
@vin.art.production
@glzoojogja

Gembira Loka Zoo Jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *