10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Gratis

10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Gratis

 

Berbicara mengenai dunia wisata di Yogyakarta identik dengan daerah tujuan wisata yang tak ada habisnya. Nah, Apalagi bagi kamu yang suka dengan kata “GRATISAN’ . Pasti artikel ini cukup membantu buat kamu yang mau ke Yogyakarta dalam waktu dekat, coba mampir ke tempat-tempat keren yang gratis deh, ternyata banyak objek wisata alam yang gratis dan indah banget. Apa aja yah? Ini dia rekomendasi 10 tempat rahasia GRATIS di Yogyakarta yang bisa kamu jadikan tujuan wajib!

  1. Museum Jendral Soeharto

    Museum Soeharto adalah adalah bangunan bersejarah berbentuk museum yang menyimpan memoar dan peninggalan-peninggalan Jendral Besar TNI Soeharto yang diresmikan pada tahun 2013 dan Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Di Jogja yang satu ini adalah Rp 0,- alias gratis.

    Alamat : Jl. Nulis – Puluhan, Dusun Kemusuk, Ds. Argomulyo, Kec. Sedayu, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

    Buka : Senin-Sabtu pukul 08.00 – 16.00 WIB

  2. Gumuk Pasir Parangkusumo, Parangtritis

    Gumuk Pasir Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta. Disni kamu bisa melihat panorama gunung pasir yang mengelilingi kamu. Berasa di Timur Tengah! Beberapa kali jadi lokasi syuting video klip dan prewedding. Gumuk Pasir Parangkusumo ini unik, berupa gunungan pasir alami yang luas seperti padang gurun. Konon, hanya ada dua di dunia fenomena alam seperti ini yaitu di Bantul, Yogyakarta dan Meksiko

  3. Bukit Bintang, Gunung Kidul

    Bukit Bintang terletak di desa Patuk tepatnya. Seperti namanya kamu dapat menikmati ribuan bintang yang berkilau di malam hari. Namun, bintang yang dimaksud di sini bukanlah bintang yang bertebaran di langit, melainkan ribuan kerlip lampu Kota Jogja yang dilihat dari ketinggian. Terbayang bukan betapa indahnya melihat kota Jogja di malam hari dari atas bukit ini. Sambil menikmati malam, kamu pun akan ditemani oleh hidangan warung-warung pinggir jalan yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman.

  4. Alun-alun Kidul, Kota Yogyakarta

    Alun-alun Kidul menawarkan pesona Jogja di malam hari yang riuh sekaligus syahdu. Oleh karena itu tempat ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin menghabiskan malam di Jogja. Di tempat ini kamu bisa menikmati malam bersama kawan sembari duduk lesehan di bawah taburan gemintang sambil menikmati wedang ronde yang membunuh dingin, atau naik odong-odong mengelilingi alun-alun, hingga mencoba permainan masangin atau berjalan dengan mata tertutup melewati tengah-tengah pohon beringin yang legendaris

  5. Malioboro, Kota Yogyakarta

    Siapa yang tak kenal dengan Malioboro? Nama jalan di jantung kota ini begitu tersohor, bahkan sampai ke mancanegara. Bisa dibilang, tak lengkap ke Jogja tanpa mengunjungi tempat ini. Menjadi pusat cenderamata, batik dan oleh-oleh khas Jogja, Malioboro selalu ramai dikunjungi. Tak perlu takut kantong jebol ketika belanja di sini karena harga-harganya cukup miring dan bisa ditawar.

  6. Bukit Paralayang, Parangtritis

    Tak jauh dari Gumuk Pasir terdapat tempat yang juga sayang bila dilewatkan ketika berwisata di Jogja. Bukit Paralayang, tempat ini menawarkan keindahan yang tiada tara. Dari bukit ini, kamu bisa menikmati Pantai Parangtritis dengan cara berbeda, yakni dari ketinggian sekitar 300 meter. Menikmati sunset di Bukit Parlayang setelah seharian berwisata keliling Jogja tentu akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

  7. Tebing Breksi

    Obyek wisata geo heritage ini bukan terbentuk secara alami, melainkan berasal dari bukit batu biasa yang menjelma akibat terkikis aktifitas penambangan bahan material bangunan oleh warga sekitar selama bertahun-tahun lamanya sejak tahun 80-an dan menjadi sumber mata pencarian warga. Setelah peneliti melakukan kajian terhadap lokasi ini, ditemukan kenyataan bahwa batuan kapur breksi yang ada di tempat itu adalah endapan abu vulkanik dari gunung api Purba Nglanggeran di Gunung Kidul. Dikarenakan hal tersebut, maka berarti kawasan ini termasuk dalam cagar budaya yang harus dilestarikan. Nama Breksi sendiri datang dari warga, mengikuti tren dimana nama bukit batu tempat wisata di Bali dan Bandung yang hasil potongannya mirip dengan tebing ini, disebut dengan breksi. Karena itu lah, tebing ini dinamai Tebing breksi

  8. Pantai Ngobaran, Gunungkidul

    Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai yang berada di pesisir selatan Jogja ini memang unik, lain dari pada yang lain. Kamu bisa menikmati suasana indahnya pantai dengan latar bangunan pura, rumah joglo dan patung-patung dewa di sekelilingnya. Ditambah dengan kokohnya tebing tepi pantai membuat tempat ini begitu memukau setiap pengunjung.

  9. Candi Ijo, Sleman

    Candi Ijo ini terkadang gratis dan terkadang membayar seikhlasnya. Candi ini tidak berwarna hijau, tapi berdiri di atas rumput yang luas dan hijau. Candi ini berwarna abu-abu serupa dengan candi lain pada umumnya. Candi Ijo merupakan candi dengan lokasi tertinggi di Jogja. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan Kota Jogja yang dilihat dari atas bukit. Bagian yang menarik adalah lokasinya yang tak jauh dari Lokasi wisata Tebing Breksi dan Bandara Internasional Adisutjipto, sehingga kalau beruntung kamu bisa melihat pesawat terbang yang sedang take off maupun landing.

  10. Air terjun Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo

    Air Terjun Sidoharjo yang merupakan air terjun tertinggi di Jogja ini tentu menjadi tantangan menarik. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan asri. Pemandangan sekitar yang dipenuhi dengan pohon dan bunga-bunga cantik, membuat suasana curug semakin asri dan segar. Untuk menuju lokasi, kita harus berjalan sekitar 10 menit dari tempat parkir melalui perkebunan yang cukup lebat.

 

 

10 Tempat Wisat10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Gratisa Di Jogja Yang Gratis

10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Gratis

10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Gratis

10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *